Crop Tool di Photoshop Fungsi dan Cara Penggunaan

    Berhadapan dengan Photo yang mempunyai proporsi tidak seimbang, antara bidang kiri dan kanan, maupun atas bawah, memaksa kita untuk melakukan sentuhan estetika pada objek yang telah kita photo,misalmya dengan mengcrop. Apa itu crop? Silakan temukan jawabannya pada uraian berikutnya.

    Pada umumnya, ketidak-proporsional-an atau ketidakseimbangan gambar tersebut salah satu disebabkan waktu memotret, -menggunakan kamera, baik analog, digital, maupun camera HP-. Atau kita memang ingin mengambil bagian tertentu dari photo yang telah dibuat untuk mendapatkan ukuran photo yang dinginkan. Misalnya ketika menggunakannya sebagai foto profil di sosial media.

    Gambar Crop
    Icon Crop Tool

    Nah, untuk memperbaiki kesalahan photo tersebut, salah satu yang dapat dilakukan adalah memotong atau crop photo bersangkutan, sebagaimana telah disinggung pada paragraf pertama di atas..

    Mengcrop foto bukan saja dapat memperbaiki keseimbangan komposisinya, penting juga adalah kita mendapat ukuran photo yang diinginkan, sehingga photo siap dicetak. Ya tentunya setelah diedit, seperti pengaturan warna, pengaturan kontras dan intensitas, dan lain-lain.

    gambar crop tool
    Option Crop Tool

    Nah, cara mengcrop photo di adobe photoshop, menggunakan crop tool dengan mengklik iconnya di floating menu. Bisa juga dengan mencolok huruf C di keyboard Anda, dan lakukan langkah-langkah mengcrop sebagai berikut.

    1. Pastikan, bagian photo yang diambil
    2. Perhatikan ukuran Width, Height (panjang dan lebar foto) dan resolusinya untuk mendapatkan ukuran photo yang Anda kehendaki. Dimana Width menyatakan lebar dan height merujuk pada tinggi hasil crop. Sebagai contoh ukuran 3 cm x 4 cm maka Width disi angka 3 dan height dengan 4, serta unit satuannya cm. Resolusi diisi saja 300 pixel/inch
    3. Setelah kedua hal di atas diperhatikan, kita tinggal menerapkan crop tool sesuai dengan keinginan Anda. Lakukan klik mouse dari sisi pojok kiri atas photo tahan mouse sambil ditarik/geser ke posisi kanan bawah sesuai dengan proporsi komposisi yang diharapkan.
    gambar crop tool
    Gambar Ilustrasi Crop

    Demikian, Cara mengcrop foto di photoshop, dengan crop tool. Semoga dapat bermanfaat.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......